JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA
Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia

IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF EXPOSITORY TEXT THROUGH K-W-L METHOD

Silalahi, Mery (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan bertujuan untuk menunjukkan peningkatan pemahaman membaca siswa dalam teks eksposisi melalui metode K-W-L. Penelitian dilakukan di SMAN 2 Kisaran dan subjek penelitiannya merupakan siswa-siswi kelas XII IPA 4 yang berjumlah 36 orang. Data yang dikumpulkan adalah berupa data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan dalam dua tahap aktifitas pembelajaran dimana sebelum kedua tahap itu dilakukan, pre-test akan diberikan. Dalam tahap pertama, peneliti memberikan pelajaran mengenai teks eksposisi dengan metode konvensional sedangkan pada tahap kedua, peneliti mengajar menggunakan metode K-W-L. Dalam hal ini, peneliti memberikan 20 pertanyaan pilihan ganda untuk masing-masing tahap. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata (mean) skor test siswa dalam aktifitas pembelajaran tahap kedua lebih tinggi dibandingkan tahap pertama dan pre test, yaitu 78.88 di tahap kedua, 64.58 di tahap pertama, dan 48.88 pada pre-test. Data kualitatif dikumpulkan melalui kuesioner yang ditujukan kepada siswa serta lembaran pengamatan dan catatan harian peneliti di dalam kelas selama aktifitas pembelajaran berlangsung. Dan hasilnya menunjukkan bahwa siswa lebih aktif dan antusias ketika mereka berada dalam proses kegiatan pembelajaran tahap kedua dibandingkan pada tahap yang pertama.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JMT

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi tentang penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, dan Menengah. Hasil penelitian ini ditulis oleh berbagai akademisi pendidikan dari seluruh Indonesia yang mengkaji tentang strategi belajar,pendekatan dan model pembelajaran, psikologi pendidikan, ...