JURNAL MUTIARA AKUNTANSI
Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mutiara Akuntansi Volume 1 No. 1 Tahun 2016

ANALISIS PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH FAKULTAS KEPERAWATAN DAN KEBIDANAN DI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Simanjuntak, Owen De Pinto (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2016

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk (program studi),  harga,  promosi,  lokasi,  proses,  orang,  dan pelayanan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Kebidanan dan Keperawatan Universitas Sari Mutiara Indonesia. Pengaruh produk (program studi),  harga,  promosi,  lokasi,  proses,  orang,  pelayanan terhadap keputusan mahasiswa akan diuji secara parsial dan simultan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan survei. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dilakukan melalui pengumpulan data kuantitatif serta pengujian statistik. Sifat penelitian ini adalah explanatory. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kebidanan dan Keperawatan Universitas Sari Mutiara Indonesia, yang berjumlah 1.435 orang tahun 2011-2015. Sampel penelitian ini sebanyak 143 orang. Selanjutnya jumlah sampel dalam penelitian ini akan ditentukan dengan proportionate stratified random sampling berdasarkan departemen dan tahun akademik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa secara simultan strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, proses, orang dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Kebidanan dan Keperawatan Universitas Sari Mutiara Indonesia. Secara parsial diperoleh hasil bahwa variabel strategi bauran pemasaran yang terdiri dari: produk, harga, promosi, proses dan orang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Kebidanan dan Keperawatan Universitas Sari Mutiara Indonesia, sedangkan variabel tempat dan pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Kebidanan dan Keperawatan Universitas Sari Mutiara Indonesia.  Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk, Harga,  Promosi,  Lokasi,  Proses,  Orang,  Pelayanan, Keputusan Mahasiswa

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmu Akuntansi Universitas Sari Mutiara Indonesia berupaya untuk memaparkan pemikiran kritis maupun hasil penelitian yang berpijak kepada eksistensi Ilmu Akuntansi menghadapi dinamika ekonomi, keuangan dan bisnis. Jurnal Ilmu Akuntansi Universitas Sari Mutiara Indonesia terbit 1 edisi selama ...