Meteor STIP Marunda
Vol 11 No 1 (2018): Juni

Kajian Persepsi Taruna STIP Jakarta Terhadap Kualitas Pelayanan Pelabuhan Dalam Mensukseskan Persiapan Angkutan Mudik Lebaran Tahun 2018

Wibowo, Titis Ari (Unknown)
Fahcruddin, Imam (Unknown)
Siregar, Pande I. (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2018

Abstract

Lonjakan penumpang angkutan laut sangat meningkat pada saat mudik lebaran. Peningkatan kualitas pelayanan pelabuhan tentu menjadi factor penting dalam mensukseskan persiapan mudik lebaran tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengguna jasa kapal penumpang terhadap kualitas pelayanan pelabuhan dan memberikan usulan perbaikan pelayanannya berdasarkan hasil pengukuran menggunakan metode Servis Quality (Servqual). Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan tingkat kesesuaian pada masing-masing item kurang dari 100% dan gap yang terjadi juga semuanya negatif. Artinya pihak pengguna jasa belum merasa puas dengan pelayanan yang diberikan pihak pelabuhan. Hal ini disebabkan karena yang diharapkan oleh pengguna jasa melebihi kinerja yang diberikan pihak pelabuhan. Lebih lanjut, perbaikan yang perlu diperhatikan meliputi item 2, 3, 6, 12 dan 15. Kemudian item yang perlu dipertahankan ada pada item 7, 13 dan 17. Yang terakhir, item yang dirasa berlebihan ada pada item 4, 5, 9, 10, 11, 16 dan 18.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

meteor

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Transportation

Description

Meteor STIP Marunda merupakan jurnal ilmiah nasional berkala sebagai media untuk mempublikasikan hasil penelitian bagi para akademisi, peneliti maupun praktisi di bidang pelayaran pada umumnya. Berdasarkan fokus dan ruang lingkup jurnal maka artikel yang dapat di muat dalam Jurnal ini meliputi 5 hal ...