PRATAMA WIDYA : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 3, No 2 (2018): PRATAMA WIDYA JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

LAGU KEAGAMAAN HINDU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PAUD HINDU AMERTHA YULIA GANESHA KABUPATEN KARANGASEM

Mertayasa, I Wayan ( Pengelola Pratama Widya Pasraman Amertha Yulia Ganesha)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2019

Abstract

Masalah-masalah yang berkaitan dengan karakter siswa Hindu PAUD Hindu Amertha Yulia Ganesha antara lain: (1) tata cara sembahyang pengucapan Gayatri Mantram, siswa banyak bercanda dalam mengucapkan Gayatri Mantram (2) perilaku siswa yang berani melawan nasehat guru (3) siswa yang suka berkelahi dengan teman sebayanya (4) pencurian (5) kesadaran siswa menjaga kebersihan WC kurang, (6) siswa membuang sampah dengan sembarangan. Untuk mengatasi masalah yang sangat komplek tersebut maka pendidikan karakter perlu ditumbuhkembangkan melalui beraneka metode salah satunya adalah lagu keagamaan Hindu. Melalui lagu keagamaan Hindu yang dibuat khusus mengandung nilainilai pendidikan agama Hindu, seperti: menjaga hubungan yang baik antara manusia dengan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, hubungan yang baik antara manusia dengan sesama manusia, dan manusia dengan alam semesta yang disebut dengan konsep Tri Hita Karana. Dari latar belakang tersebut maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan yaitu : mengapa lagu keagamaan Hindu diterapkan dalam membentuk karakter siswa, apakah fungsi lagu keagamaan Hindu, bagaimanakah proses penerapan lagu keagamaan Hindu di PAUD Hindu Amertha Yulia Ganesha? Dari ketiga rumusan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lagu keagamaan Hindu dalam membentuk karakter siswa, fungsi lagu keagamaan Hindu, dan proses penerapan lagu keagamaan Hindu di PAUD Hindu Amertha Yulia Ganesha, kabupaten Karangasem. Penelitian ini menggunakan teori behavioristik dan teori fungsional struktural sebagai dasar untuk membuat pertanyaan-pertanyaan secara terperinci untuk membedah rumusan masalah. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif kualilatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen, kemudian diolah dan dianalisis secara naratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh suatu temuan bahwa tujuan penerapan lagu keagamaan Hindu untuk membangun karakter siswa PAUD Hindu Amertha Yulia Ganesha adalah untuk membantu perkembangan peserta didik khususnya yang beragama Hindu untuk menjadi manusia yang lebih utuh dan sadar akan tanggung jawab terhadap dirinya, orang lain, alam semesta dan Tuhan Yang Maha Esa. Strategi penerapan lagu keagamaan hindu untuk membangun karakter adalah dengan pembiasaan menyanyikan lagu tersebut dan mengimplementasikannya dalam pembelajaran di PAUD dengan pembiasaan melakukan puja tri sandya/mengucapkan Gayatri Mantram, pembiasaan sembahyang pada hari suci Purnama dan Tilem serta hari raya Saraswati, pembiasaan mengucapkan salam Om Swastyasu. Menjaga kebersihan areal lingkungan sekolah, dampak penerapan lagu pendidikan karakter bagi siswa PAUD Hindu Amertha Yulia Ganesha adalah siswa mampu bekerja keras, memiliki sikap disiplin, menjadi orang beriman, menjadi orang berhati lembut, menjadi orang berhati lembut, menjadi orang bertanggung jawab, bersikap tenggang rasa, bersikap jujur, bersikap menghargai waktu, bersikap sopan, santun dan hormat. Kata Kunci : Lagu Keagamaan Hindu, Karakter Siswa

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PW

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Hindu Fakultas Dharma Acarya Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar ini didedikasikan sebagai media untuk mempublikasikan pemikiran maupun penelitian yang berkaitan dengan topik ...