Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Vol 1, No 1 (2017)

Peningkatan Kualitas Proses dan Hasil Belajar IPA melalui NHT Kelas IV SD Negeri 3 Linggasari

Wulandari, Mey Prihandani (Unknown)
Rahayu, Sudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar IPA setelah mengikuti metode Cooperative Learning model Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Linggasari tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan: Pembelajaran melalui metode Cooperative Learning model NHT dapat: (1) meningkatkan kualitas proses belajar IPA materi pokok Perubahan Lingkungan dan Pengaruhnya, yaitu pada aspek kerjasama siswa (siklus I: 2 kelompok, siklus II: 9 kelompok) dan pada aspek frekuensi bertanya (siklus I: 12 siswa, siklus II: 32 siswa). (2) meningkatkan kualitas hasil belajar IPA materi pokok Perubahan Lingkungan dan Pengaruhnya, yaitu pada aspek prestasi ketuntasan belajar (siklus I: 14 siswa, siklus II: 36 siswa), pada aspek rasa kepuasan terhadap pembelajaran (siklus I: 16 siswa, siklus II: 36 siswa puas), pada aspek rasa ingin tahu tinggi (siklus I: 12 siswa, siklus II: 36 siswa)

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pancar

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar) is a journal comprising a collection or compilation of researches in the field of education either containing innovation research, development research, educational experiments, or Classroom Action Research (PTK) from elementary school level to ...