Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan (J-TIT)
Vol 1 No 1 (2014)

PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM PEMBUATAN GAME TEBAK OBJEK BERBASIS ANDROID

Subari Subari (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2019

Abstract

Seiring kemajuan teknologi banyak aplikasi sudah memanfaatkan teknologi yang disebut Augmented Reality, Augmented Reality merupakan suatu upaya untuk menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual yang dibuat melalui computer sehingga batas antara keduanya menjadi sangat tipis. Augmented Reality atau yang biasa disebut dengan AR ini bukan merupakan sebuah teknologi baru, Teknologi ini telah ada yang mana sebelumnya diperkenalkan aplikasi Virtual Reality (VR) untuk pertama kalinya. Augmented Reality sendiri mengijinkan penggunanya untuk berinteraksi secara real-time dengan sistem. Penggunaan AR saat ini telah menyebar kesegala aspek didalam kehidupan kita dan diproyeksikan akan mengalami perkembangan yang signifikan untuk kedepannya. Hal ini dikarenakan penggunaan AR sangat menarik dan memudahkan penggunanya dalam mengerjakan suatu hal, AR sendiri banyak digunakan dalam berbagai hal contohnya pada bidang entertainment, bidang iklan dan juga banyak digunakan dalam dunia permainan (game).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sistem permainan yang melibatkan dua platform yaitu sistem scan marker mengenali objek dengan menggunakan tablet android dan sistem monitoring dengan menggunakan aplikasi yang diciptakan berjalan pada desktop.Penelitian ini berupa rancang bangun sistem permainan yang diimplementasikan dalam ajang acara pameran, dan melibatkan banyak peserta bergantian. Permainan yang melibatkan beberapa perangkat dan platform dengan tujuan akhir jawaban yang paling benar atau poin tertinggi terakumulasi dari beberapa bagian dalam permainan ini. Permainan ini bertumpuh dari tebak objek yang dilakukan menggunakan perangkat tablet android menggunakan teknologi Augmented Reality terdiri dari 4 stage menggunakan konsep single dan multimarker dalam pengambilan gambarnya, menterjemahkan makna dari hasil objek yang ditemukan dari keempat bagian tersebut menjadi satu kalimat bermakna dan dicocokkan dengan database pada sistem monitoring berbasis desktop dari pihak panitia. Aplikasi yang diciptakan ini diberi nama STIKI ARGame..

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jtit

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan (J-TIT) | ISSN:2354-838X (cetak) | ISSN:2580-2291 (online) adalah media publikasi ilmiah di bidang Teknologi Informasi Terapan yang terbit secara periodik dua kali dalam setahun setiap bulan Januari dan Juli. J-TIT dipublikasikan melalui media cetak maupun ...