JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan)
Vol 2 No 1 (2014): (JIDAN) Edisi Juli 2014

Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian Hiperemesis gravidarum di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Sam Ratulangi Tondano Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara.

Elfanny Sumai (Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Manado)
Femmy Keintjem (Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Manado)
Iyam Manueke (Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Manado)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2018

Abstract

Latar belakang : Hiperemesis gravidarum adalah mual muntah yang berlebihan sehingga menimbulkan gangguan aktivitas sehari-hari dan bahkan dapat membahayakan hidup ibu hamil. Hiperemesis gravidarum yang tidak mendapatkan penanganan yang baik dapat pula menyebabkan kematian pada Ibu hamil .. Untuk itu perlu adanya pengawasan dan penanganan yang baik bagi Ibu hamil.Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor yang berhubungandengan kejadian Hiperemesis gravidarum di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Sam Ratulangi Tondano Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara .Metode : Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian cross sectional dengan rancangan penelitian Retrospektif . populasi Ibu hamil sebanyak 2060 orang dengan jumlah sampel sebanyak 95 orang yang diambil dengan cara accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan format pengumpulan data menggunakan uji chi- squareHasil : uji chi-square untuk umur Ibu dengan p value = 0,00 < α (0,05), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa. Hasil uji chi-square untuk paritas dengan p value = 0,04 < α (0,05), pendidikan p value = 0,12 > α (0,05)Kesimpulan : ada hubungan umur dengan kejadian Hiperemesis gravidarum, ada hubungan paritas dengan kejadian Hiperemesis gravidarum, tidak ada hubungan pendidikan dengan kejadian Hiperemesis gravidarum.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jidan

Publisher

Subject

Health Professions

Description

Jidan (Jurnal Ilmiah Bidan), provides a forum for publishing the novel technologies and knowledge related to the midwifery area. This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications. ...