Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
Vol 3, No 2 (2017): Indonesian Journal of Civil Engineering Education

PEMANFAATAN VIDEO TUTORIAL DENGAN CAMTASIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK PADA SISWA KELAS X TGB B DI SMK NEGERI 4 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Ibnu Candra Hakim (Unknown)
Suka timan (Unknown)
Budi Siswanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2017

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan minat belajarsiswa kelas X TGB B di SMK Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017pada mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak, (2) meningkatkanhasil belajar siswa kelas X TGB B di SMK Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran2016/2017 pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunakmenggunakan media video Tutorial dengan Camtasia. Penelitian ini merupakanpenelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dariperencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswakelas X TGB B SMK Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Sumberdata berasal dari wali kelas, kepala tata usaha dan siswa kelas X TGB B SMKNegeri 4 Sukoharjo yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa media video tutorial dengan Camtasia dapatmeningkatkan minat belajar siswa pada siklus I sebesar 72,14 % denganpersentase ketercapaian 75 % menjadi 78,81 % pada siklus II. Hasil belajarsiswa juga meningkat dari prasiklus sebesar 45,71 % menjadi 71,43 % padasiklus I dan 80,00 % pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapanmedia video tutorial dengan Camtasia dapat meningkatkan minat belajar danhasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunaksiswa kelas X TGB B SMK Negeri 4 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017.Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Media Video Tutorial dengan Camtasia,Minat Belajar, Hasil Belajar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ijcee

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

The Indonesian Journal of Civil Engineering Education (IJCEE) is a scientific journal promoting the study of, and interest in, civil engineering education. It is a national journal published by the Civil Engineering Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret ...