Zhafir | Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking
Vol 1 No 1 (2019): Zhafir | Journal of Islamic, Economics, Finance, and Banking

Konvergensi Dakwah dan Marketing dalam Bisnis Wisata Lokal Tegal Waru Ciampea Bogor

Nurhidayat, Nurhidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2019

Abstract

Tulisan ini menggambarkan bagaimana konvergensi dakwah dan marketing yang diterapkan dalam Pengembang Bisnis Wisata Lokal Tegal Waru Bogor. Pengembangan Bisnis Lokal Tegal Waru melalui pendekatan dakwah dan marketing jelas terlihat dari dari seluruh guide perempuan menggunakan hijab dan pakain sopan menutup aurat. Semua kalangan masyarakat yang ikut mengembangkan bisnis ini merupakan masyarakat muslim. Selain itu ketika waktu sholat semua wirausahawan wajib mengambil waktu istirahat untuk melaksanakan kewajiban sebagai umat muslim yang ta’at beribadah kepada Allah Swt. Bisnis lokal Tegal Waru ini pun menjadi salah satu upaya yang menjadikan masyarakat lokal memiliki kegiatan yang bermanfaat, yaitu salah satunya menghasilkan pendapatan, membantu ekonomi keluarga terutama bagi remaja yang tidak memiliki pendidikan tinggi agar tidak terkontaminasi dengan pergaulan yang negative. Konvergensi dakwah dan marketing memiliki pengaruh dalam pengembangan Bisnis Wisata Lokal Tegal Waru. Sistem marketing yang dilakukan selalu mengalami inovasi sesuai dengan perkembangan dan tuntan bisnis. Sistem dakwah yang dilakukan selalu meningkat agar terciptanya wirausahawan yang selalu ta’at dan patuh pada agamanya. Dakwah dan marketing memiliki nilai-nilai persamaan baik secara konseptual maupun aplikasi pada bisnis, dakawah secara bahasa mengajak, marketing juga diartikan memengaruhi orang. Konvergensi dakwah dan mareking sangat cocok pada pengembangan bisnis apapun apalagi kalau hal tersebut diterapkan pada bisnis yang produknya berbasis syariah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

zhafir

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The Zhafir | Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking is a Peer Reviewed, Open Access International Journal. Notably, it is a Referred, Highly Indexed, Monthly, Online International Journal with High Impact. Zhafir | Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking is published as a ...