JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 3 No. 2 (2019): August 2019

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN KARTU GAME SISWA KELAS IV SDN 015 GUNUNG BUNGSU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ali Mahibba Tanjung (Sekolah Dasar Negeri 015 Gunung Bungsu, Kampar, Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2019

Abstract

Dari hasil pengamatan dan evaluasi hasil belajar Matematika kelas IV SD Negeri 015 Gunung Bungsu Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar Provinsi Riau tahun pelajaran 2018/2019 masih rendah. Pada awal pembelajaran bahwa motivasi dan hasil belajar masih rendah dikarenakan belum optimalnya model pembelajaran yang digunakan. Maka dari itu permasalahan penelitian tindakan kelas ini adalah “apakah dengan menggunakan Permainan Kartu Game dapat meningkatkan kesiapan belajar, interaksi antar siswa, interaksi siswa dengan guru, tanggung jawab, dan pemahaman tugas. prestasi, motivasi, dan peran aktif siswa dalam pembelajaran. Sedangkan tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Permainan Kartu Game dapat meningkatkan prestasi, motivasi, dan peran aktif siswa siswa kelas IV SD Negeri 015 Gunung Bungsu Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar Provinsi Riau tahun pelajaran 2018/2019”. Data aktivitas siswa diperoleh dari pengamatan saat proses pembelajaran berlangsung, dan hasil kerja kelompok didapat dari hasil pengamatan saat diskusi berlangsung selama pembelajaran, sedangkan hasil post test dari setiap kali pertemuan. Tempat penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 015 Gunung Bungsu Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar Provinsi Riau tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah 23 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan.dari penelitian tindakan kelas ini diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Permainan Kartu Game dapat meningkatkan prestasi, motivasi, dan peran aktif siswa kelas IV SD Negeri 015 Gunung Bungsu Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Oleh karena itu salah satu upaya guru dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan Permainan Kartu Game.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...