SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol 5 No 2 (2019)

MANAJEMEN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DALAM IKUT MENUMBUHKAN KARAKTER BANGSA

Heru Nurananto (SMK Nurul Iman Bantul)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2019

Abstract

Tujuan Penelitian menganalisis manajemen pendidikan bahasa Indonesia dalam ikut menumbuhkan karakter bangsa di SMP Al-Ma’arif Sewon Bantul, yaitu menganalisis perencanaan, menganalisis pengorganisasian, menganalisis pelaksanaan dan evaluasi pendidikan bahasa Indonesia dalam ikut menumbuhkan karakter bangsa, menganalisis faktor penghambat dan faktor pendukung menerapkan manajemen pendidikan bahasa Indonesia dalam ikut menumbuhkan karakter bangsa dan menganalisis hasil manajemen pendidikan bahasa Indonesia dalam ikut menumbuhkan karakter bangsa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Analisa data menggunakan teknik kualitatif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Manajemen pendidikan bahasa Indonesia dalam ikut menumbuhkan karakter bangsa meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi sudah dilaksanakan secara baik. Faktor pendukung: sarana dan prasarana, dan semua guru mendukung. Faktor penghambat yaitu, sarana dan prasarana: alat media pembelajaran ada yang rusak, siswa kurang motivasi. Hasil manajemen pendidikan bahasa Indonesia dalam ikut menumbuhkan karakter bangsa di SMP Al-Ma’arif Sewon Bantul, ada yang aktif dan ada yang tidak aktif, serta sudah ada perubahan menjadi lebih baik dengan nilai-nilai karakter, anak-anak menjadi bertanggungjawab, jujur, percaya diri, saling menghargaiKata Kunci: Manajemen, Pendidikan Bahasa Indonesia, Karakter Bangsa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sosia

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

SOSIOHUMANIORA berisi artikel tentang gagasan konsep, teori, kajian dan hasil penelitian dari berbagai bidang yang berkaitan dengan sosial, budaya dan pendidikan dari para peneliti, praktisi serta hasil karya tugas akhir mahasiswa yang memenuhi ...