SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol 5, No 2 (2019)

Peran Pemerintah Daerah Terhadap Penyediaan Tempat Berjualan Yang Layak Bagi Orang Asli Papua (OAP) di Pasar Remu Kota Sorong.

Mulyana, Amiruddin Edyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2019

Abstract

Pemerintah sangat diharapkan oleh masyarakat menggunakan kekuasaannya secara tepat dan terarah. Penelitian ini dilakukan pada Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah dan Pasar Remu Kota Sorong yang bertujuan untuk mengetahui peran serta faktor penghambat terhadap penyediaan tempat berjualan yang layak bagi orang asli papua di pasar remu Kota Sorong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pemerintah terhadap penyediaan tempat berjualan yang layak bagi orang asli papua di pasar remu sangat penting dengan adanya pendekatan dan komunikasi yang baik, pengarahan dan penataan, memberikan kepercayaan. Disamping itu terdapat faktor penghambat dalam pelaksanaannya salah satunya faktor lokasi dan lahan dan faktor kurangnya kesadaran masyarakat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sosia

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

SOSIOHUMANIORA berisi artikel tentang gagasan konsep, teori, kajian dan hasil penelitian dari berbagai bidang yang berkaitan dengan sosial, budaya dan pendidikan dari para peneliti, praktisi serta hasil karya tugas akhir mahasiswa yang memenuhi ...