ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
Vol 3, No 2 (2017): November

PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERBANTUKAN KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI 3 MATARAM

Julaiha Julaiha (Unknown)
Islahudin Islahudin (Unknown)
Johri Sabaryati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga berbantukan kearifan lokal terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII MTs Negeri 3 Mataram. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 3 Mataramyang berjumlah 90 siswa yang terbagi atas 3 kelas. Sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VII A sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII B sebanyak 29 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji-t polled varians. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes awal dan tes akhir. Hasil tes awal diperoleh nilai rata-rata kelas untuk kelas eksperimen 41, sedangkan untuk kelas kontrol 44. Hasil tes akhir diperoleh nilai rata-rata kelas untuk kelas eksperimen 74 sedangkan untuk kelas kontrol 64. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,021 sedangkan ttabel sebesar 1,696 pada taraf signifikan 5%. Karena thitung lebih besar dari pada ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat  peraga berbantukan kearifan lokal terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII MTs Negeri 3 Mataram.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

orbita

Publisher

Subject

Education Physics

Description

ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika invites and welcomes the submission of advanced research and review papers, innovations and developed selected conference papers that have never been previously publicized. This journal provides publications and a forum to the academics, ...