Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Vol 2, No 1 (2019): Juni

MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN INKLUSI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN KALIRUNGKUT-1 SURABAYA

Siti Auliyatus Sholawati (Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisi: (1) Perencanaan, (2) Pengorganisasian, (3) Pelaksanaan, dan (4) Evaluasi pembelajaran pendidikan inklusi pada anak berkebutuhan khusus. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan menggunakan mwtode studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian berdasarkan analisis data dan observasi di lapangan yaitu: (1) Perencanaan pembelajaran pendidikan inklusi dimulai dengan membuat silabus, RPP, dan PPI disesuaikan dengan hambatan dari masing-masing peserta didik berkebutuhan khusus yang nantinya akan mengatur proses pelaksanaan pembelajaran di kelas reguler. (2) Pengorganisasian pembelajaran pendidikan inklusi dimulai dengan mengelompokkan dan membagi tugas bagi pelaksana rencana pembelajaran yaitu wali kelas, guru bidang study dan guru pendamping khusus yang bertugas mendampingi peserta didik berkebutuhan khusus. (3) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan inklusi pada anak berkebutuhan khusus mempunyai program pelayanan khusus pada setiap ketunaan peserta didik sesuai RPP dan PPI yang telah disusun, setiap proses pembelajarannya selalu diintegrasikan dengan aspek perkembangan siswa dan beberapa ada yang memaksimalkan bakat, minat peserta didik berkebutuhan khusus. (4) Evaluasi pembelajaran pendidikan inklusi dilakukan dengan memberikan review tentang proses pelaksanaan yang telah berlangsung dan hasil penilaian dari pembelajaran siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ABDAU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Abdau ini adalah jurnal pendidikan dasar Islam yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta. Jurnal ini sebagai sarana mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran pendidikan dasar Islam/madrasah ibtidaiyah oleh para pakar pendidikan, dosen, guru, ...