Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 1, No 5 (2019): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Efektivitas Model Problem Based Learning dan Think Talk Write terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP

Isna Nur Afifah (Universitas PGRI Semarang)
Sudargo Sudargo (Universitas PGRI Semarang)
Dina Prasetyowati (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas model Problem Based Learningdan Think Talk Writeterhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Samplingdiperoleh tiga kelas yaitu kelas VII D, VII E, dan VII F.Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan pemberian tes. Instrumen berupa lembar observasi keaktifan siswa dan Post-testkemampuan pemecahan masalah matematika. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji anava satu jalur, uji t, uji regresi linier sederhana, dan uji proporsi. Hasil penelitian adalah (1) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika yang menggunakan model Problem Based Learning,modelThink Talk Writedan model pembelajaran konvensional (2) kemampuan pemecahan masalah matematika yang mendapatkan model Problem Based Learninglebih baik dari model pembelajaran konvensional (3) kemampuan pemecahan masalah matematika yang mendapatkan model Think Talk Writelebih baik dari model pembelajaran konvensional (4) tidak ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika yang mendapatkan model Problem Based Learning dan Think Talk Write(5) terdapat pengaruh antara keaktifan siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika yang mendapatkan model Problem Based Learningdan Think Talk Write (6) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapatkan model Problem Based LearningdanThink Talk Write mencapai KKM.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...