Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research
Vol 3 No 3 (2019): JISAMAR: Volume 3, Nomor 3, August 2019

ANALIS STRATEGI KUALITAS PELAYANAN UNTUK PENINGKATAN RASA KEPUASAN KONSUMEN PADA PT GOJEK (Studi Kasus Pelayanan Go Food)

Loeky Rono Pradopo (Program Studi Manajemen, Sekolah Tingga Ilmu Ekonomi Jayakarta)
Reva Muhammad Adhiansyah (Program Studi Manajemen, Sekolah Tingga Ilmu Ekonomi Jayakarta)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan secara signifikan terhadap kepuasan konsumen pada PT GO-JEKdan (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada PT GO-JEK. Penelitian ini dilakukan dengan populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang memakai layanan Go Food, dengan sampel sebanyak 100 respondendan metode pengambilan sampel yang bersifat Accidental Sampling karenadi dalam penelitian ini responden ada ketika peneliti membagikankuesioner kepada masyarakat umum dan bersedia menjawab kuesioner. Maka hasil dari wawancara penelitian ini, penulis menemukan adanya, (1) Berdasarkan hasil penelitian, Pendapat responden antara lain: (a) Prediksi rata-rata skor dan persentase variabel Kualitas Pelayanan (X) maka nilai skor rata-rata yang dihasilkan sebesar 3,68, dan bila dikonsultasikan dengan skala penafsiran skor rata-rata jawaban respoden, maka angka sebesar itu berapa pada rentang 3,40-4,19 atau berada pada kriteria baik. (b) Prediksi rata-rata skor dan persentase variabel Kepuasan Pelayanan (Y) maka nilai skor rata-rata yang dihasilkan sebesar 3,79, dan bila dikonsultasikan dengan skala penafsiran skor rata-rata jawaban respoden, maka angka sebesar itu berapa pada rentang 3,40-4,19 atau berada pada kriteria baik. (2) Alat analisis yang digunakan analisis regresi liniersederhana, analisis koefisien korelasi, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Hasil analisis uji t yang diperoleh adalahNilai t hitung dari hasil pengolahan SPSS = 7,239 dan nilai probabilitas = 0,000. Nilai t hitung > t tabel atau 7,239 > 2,000 dan nilai probabilitas < 0,05 atau 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian ada pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen.dan hasil uji Fyang diperoleh adalah Nilai F hitung dari hasil pengolahan SPSS = 52,404 dan nilai probabilitas = 0,000. Nilai F hitung > F tabel atau 52,404 > 3,96 dan nilai probabilitas < 0,05 atau 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian ada pengaruh Kualitas Pelayanan secara simultan terhadap Kepuasan Konsumen. Untuk peneliti selanjutnya, disarankan untuk memasukkan variabel-variabel baru ke dalam model penelitian atau penelitian selanjutnya dilakukan pada sektor industri lainnya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jisamar

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

JISIMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), terbit empat kali setahun pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November, memuat naskah hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Sistem Informasi Manajemen, Sistem ...