Jurnal Riset Komunikasi
Vol 9, No 1 (2018)

MAKNA FOTO INSTAGRAM OLIVIA LAZUARDY SEBAGAI FASHION BLOGGER INDONESIA

Malinda Puteri Kusaeni (Unknown)
Yanti Setianti (Unknown)
Priyo Subekti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena bahwa media sosial Instagram digunakan oleh fashion blogger Indonesia terutama Olivia Lazuardy untuk mengkonstruksikan personal branding lewat foto yang diunggah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna foto Instagram Olivia Lazuardy sebagai fashion blogger Indonesia dengan personal branding yang elegan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika Charles Sanders Peirce melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah studi kepustakaan dan studi lapangan berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa foto Instagram Olivia Lazuardy memiliki gratifikasi tanda yaitu objek,warna,dan komposisi. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa foto Instagram dapat mengkonstruksi makna personal branding secara simbolis berdasarkan tanda-tanda yang terdapat padanya. Makna personal branding pada foto Instagram Olivia Lazuardy adalah dirinya yang elegan sebagai fashion blogger Indonesia. Kata kunci: Instagram, Personal Branding, Semiotics, Fashion Blogger,

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JRKom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Riset Komunikasi (JRK) berisi artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian maupun studi literatur yang berkaitan dengan bidang ilmu komunikasi. JURNAL RISET KOMUNIKASI Diterbitkan sejak Juni 2010 oleh Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta dan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, Serang. ...