Jurnal Basicedu
Vol 3, No 3 (2019): July Pages 850 - 993

PENGARUH PERMAINAN GOBAK SODOR MODIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Sigit Pambudi (Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia)
Ibnu Fatkhu R (Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia)
Diana Endah Handayani (Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran yang masih mengunakan teacher center/tradisional, guru masih keterbatasan media dalam pembelajaran . Hal ini mengakibatkan pada hasil belajar siswa yang tergolong masih rendah. Dengan demikian, masih terdapat beberapa peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan karakter siswa SD yang masih suka bermain dan belajar .Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “apakah media? gobak sodor modifikasi berpengaruh terhadap hasil belajar Siswa Kelas IV Tema 2 Selalu Berhemat Energi SDN 01 Boyoteluk Kabupaten Pekalongan”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media gobak sodor modifikasi terhada hasil belajar siswa kelas IV Tema 2 Selalu Berhemat Energi SDN 01 Boyoteluk Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Design dengan Pretest-Posttest one-Group Design. Sodor modifikasi dapat mencapai ketuntasan belajar klasikal sebesar 87% dengan rata-rata nilai pretest adalah 62,8 dan rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 76,9.Hasil analisis uji-t diperoleh thitung>ttabel yaitu 67,65>1,7171. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H a diterima, artinya media gobak sodor modifikasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema 2 selalu berhemat energi SDN 01 Boyoteluk Kabupaten Pekalongan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...