Jurnal Pseudocode
Vol 4, No 2 (2017): Volume 4 Nomor 2 September 2017

IMPLEMENTASI SKALA MINIMUM CLOUD COMPUTING KATEGORI SOFTWARE AS A SERVICE (SAAS) PADA INSTITUSI PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus: Unit Pelayanan Terpadu Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu - UPT TIK UMB)

Cahyo Prihantoro (Unknown)
Harry Witriyono (Teknik Informatika, FakultasTeknik, UniversitasMuhammadiyah Bengkulu Jl. Bali Po. Box, 118 Kota Bengkulu 38119 INDONESIA)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2017

Abstract

Abstrak: Teknologi cloud computingakan mudah diterapkan jika adanya kerangka kerja implementasi. Sudah banyak kalangan industri, bisnis maupun institusi pemerintahan yang mengadopsi teknologi cloud, namun institusi perguruan tinggi belum optimal dalam memanfaatkannya. Selain berkembangnya sistem internal organisasi yang serba terintegrasi, tuntutan penggunaan layanan berbagi berkas dan sumber daya juga sangat penting. Penelitian ini akan menghasilkan tata cara pemanfaatan skala mikro teknologi cloud computing pada institusi perguruan tinggi khusus layanan Software As A Service (SAAS). Penelitian ini memanfaatkan kerangka kerja adopsi Roadmap for Cloud Computing Adoption (ROCCA) dan Decision Framework for Cloud Migration. Model adopsi ini dirasa perlu untuk diteliti karena sebelumnya ROCCA dan Decision Framework for Cloud Migration baru diteliti pada sektor industri dan pemerintahan, sedangkan perguruan tinggi memiliki karakteristik yang berbeda dengan kedua sektor tersebut. Subyek penelitian adalah Unit Pelayanan Terpadu Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT-TIK) Universitas Muhammadiyah Bengkulu dengan fokus pada layanan aplikasi dan software. Data diambil dengan melakukan observasi dan pengujian secara semi terstruktur yang tidak mengikat. Hasil penelitian ini berupa model penerapan cloud computing skala mikro kategori SAAS pada institusi perguruan tinggi dengan menggunakan adopsi ROCCA dan Decision Framework for Cloud Migration. Terdiri dari 5 (lima) tahapan, yaitu; tahap Analisis, Perancangan, Adopsi, Migrasi, dan Pengelolaan. Analisis dan implementasi yang dilakukan menghasilkan jenis penerapan skala mikro.Kata Kunci: Komputasi Awan, SAAS, ROCCA, Cloud Computing.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pseudocode

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering

Description

Pseudocodeis a scientific journal in the information science family that contains the results of informatics research, scientific literature on informatics, and reviews of the development of theories, methods, and application of informatics engineering science. Pseudocode is published by the ...