Jurnal Wacana Ekonomi
Vol 16, No 3 (2017): Jurnal Wacana Ekonomi

Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Capital Adequacy Ratio terhadap Pemberian Kredit Umkm di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Hermina, Tinneke (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2017

Abstract

Kondisi bank di Indonesia pasca krisis mendorong pihak-pihak terlibat didalamnya untuk melakukan penilaian atas kinerja bank. Sistem manajemen keuangan di perbankan yang saat ini berubah dengan pesat. Terkait dengan tugas perbankan yaitu mengimpun dana dari masyarakat dan mengembalikan dana kepada masyarakat dalam bentuk kredit. Saat ini pemenuhan kebutuhan dana bagi masyarakat sangatlah besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat suku Bunga dan capital adequacy ratio terhadap pemberian kredit UMKM di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. pada periode 2015 ? 2016. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil penelitian ini menunjukan secara simultan tingkat suku Bungan dan capital adequacy ratio (CAR) tidak berpengaruh terhadap pemberian kredit UMKM. Secara Parsial tingkat suku Bunga tidak berpengaruh terhadap pemberian kredit UMKM karena disebabkan karena tingkat suku bunga bank cenderung menurun. Capital adequacy ratio (CAR) tidak berpengaruh terhadap pemberian kredit UMKM hal ini disebabkan karena capital adequacy ratio (CAR) setiap triwulan cenderung stabil dan melebihi rata-rata yang ditetapkan BI.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JA

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Wacana Ekonomi mengupas dan mendesiminasikan informasi ilmiah/ pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu ekonomi sebagai ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Jurnal Wacana Ekonomi merupakan media komunikasi ilmiah dalam pengembangan dan penyebarluasan ...