Permendikbud 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada satuan pendidikan formal dan Permenristekdikti nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional untuk Pendidikan Tinggi, hingga sikap "taat kepada Tuhan yang maha kuasa dan harus bisa bersikap religius".Berlatarbelakang masalah refleksi awal bahwa belum optimal sikap religius mahasiswa yang terkait dengan pemahaman fisika. Penelitian ini bertujuan untuk penguatan sikap religius melalui analisa fisika gravitasi dengan pembuatan Mind Map bernuasa hikmah pada perkuliahan mekanika. Metode penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis & Taggart. Tahapan penelitian : perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Materi mekanika partikel dan sistem partikel dengan konsep utama "gravitasi".Instrumen berupa penilaian aktivitas pembuatan lembar Mind Map gravitasi dan penguatan sikap religius.Populasi adalah mahasiswa yang telah mengikuti kuliah mekanika tahun akademik 2017/2018. Teknik pengambilan sampel termasuk cluster Random sampling.Data bersifat kualitatif.Teknik analisis data dengan persentase, dihitung sesuai jumlah indikator pada instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mind Map gravitasi bernuansa hikmah dapat menumbuhkan penguatan sikap religius pada perkuliahan mekanika. Kategori sikap religius "Sangat Dimiliki" mengalami kenaikan rata-rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II sebesar 34.56 %, dimana 36.67 % di siklus I naik menjadi 71.23 % di siklus II. Peningkatan ini dapat diartikan bahwa telah terjadi penguatan sikap religius mahasiswa setelah mempelajari mekanika gravitasi. Kata kunci: mekanika, gravitasi, sikap religius
Copyrights © 2019