Konsep Corporate Social Responsibility (CSR) mulai berkembang di ekonomi syariah. Hal ini terbukti semakin banyak perusahaan-perusahaan yang menerapkan prinsip-prinsip syariah disetiap kegiatan bisnisnya yang diharapkan perusahaan tersebut dapat melakukan tanggung jawab sosial perusahaan secara islami. Terkait dengan adanya kebutuhan mengenaipengungkapan tanggung jawab sosial di perbankan syariah, saat ini marak diperbincangkan mengenai Islamic Social Reporting (ISR). Islamic Social Reporting (ISR) diyakini dapat menjadi langkah awal dalam hal standar pengungkapan Corporate Social Responsibility(CSR) yang sesuai dengan perspektif Islam. Sebagai bank syariah pertama di Indonesia, sudah selayaknya PT. Bank Muamalat Indonesia dalam menjalankan fungsi sosialnya juga harusmelakukan pengungkapan sosial dalam menyusun laporan keuangannya. Penelitian ini penting untuk dilakukan dalam upaya membuktikan secara empiris pengaruh ukuran perusahaan (size) terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Sampel yang akan digunakan dalampenelitian adalah PT. Bank Muamalat Indonesia dengan periode pengamatan tahun 2013-2016. Alat analisis yang akan digunakan adalah analisis Regresi Linier Sederhana dengan menggunakan program SPSS (Statistical Package for Social Science) Versi 20. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan (size) berpengaruh terhadap Islamic SocialReporting (ISR) pada PT. Bank Muamalat Indonesia.
Copyrights © 2018