Jurnal Eduscience (JES)
Vol 2, No 1 (2015): Jurnal Eduscience (JES)

PEMUNGUTAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN ROKAN HILIR RIAU (Studi Kasus Kecamatan Bagan Sinembah)

Agus Anjar (STKIP LABUHANBATU)



Article Info

Publish Date
14 May 2019

Abstract

Penelitian Ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Implementasi Tugas Pembantuan Dalam Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Tugas pembantuan pada prinsipnya adalah sebuah kebijakan pemerintah yang harus dijalankan oleh daerah. Maka berdasarkan karakteristik penelitian, penulis melakukan pendekatan dengan menggunakan metode survey. Sedangkan yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah aparatur Kepenghuluan Kecamatan Bagan Sinembah dengan jumlah 74 orang. Sedangkan untuk pengolahan data yang didapat dari lapangan, penulis menggunakan program SPSS For Windows versi 12,0 dengan pengujian menggunakan Uji Chi Square (P = 0,03) ini memberikan indikasi bahwa tugas Pembantuan yang diterapkan Kepenghuluan dalam hal Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah tergolong rendah, hal ini tergambar dengan sedikitnya rapat koordinasi dilingkup Kecamatan Bagan Sinembah dan kurangnya sangsi yang tegas dari Dinaspendapatan Kabupaten Rokan Hilir. Maka demi meningkatkan dan memperbaiki kinerja Kepenghuluan agar tercapai hasil yang maksimal khususnya dalam hal tugas pembantuan maka diharapkan koordinasi yang baik dari tingkat Kecamatan dan Kabupaten. Bagi daerah Kepenghuluan yang kurang antusias dalam menjalankan tugas tersebut harus ada sangsi yang tegas dari dinas cabang Kecamatan dan Dinas Kabupaten Rokan Hilir.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

eduscience

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Eduscience is a peer-reviewed journal that is published by LPPM of Labuhanbatu University. This journal publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on education studies using an interdisciplinary perspective, especially within Mathematic ...