Jurnal Eduscience (JES)
Vol 2, No 1 (2015): Jurnal Eduscience (JES)

PENGARUH PEMANFAATAN ALAT VISUALISASI GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MTS AR-RASYID PINANG AWAN

Nurhakima Ritonga (STKIP LABUHANBATU)



Article Info

Publish Date
14 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan mengetahui pengaruh pemanfaatan alat visualisasi terhadap hasil belajar biologi siswa MTs AR-Rasyid Pinang Awan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 01 Juni s/d 15 Juni 2014 di MTs AR-Rasyid Pinang Awan Kec. Torgamba Kab. Labuhanbatu Selatan. Populasi adalah kelas VIII yang terdiri dari 3 lokal dan yang di jadikan sampel adalah kelas VIIIb dan sebagi Kelas control adalah kelas VIIIa. Jumlah sampel 35 orang siswa yang dibelajarkan menggunakan alat visualisasi gambar dan 35 orang siswa dibelajarkan dengan pembalajaran konvensional. Setelah dan sebelum di lakukan proses belajar mengajar siswa diberikan tes yaitu pre-test 10 soal dan pos-test sebayak 5 soal. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan alat visualisasi gambar dengan niai rata-rata=76,57 dengan STDEV=12,71. Dengan demikian hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran Alat visualisasi gambar pengaruhnya sangat tinggi yaitu Ha di tolak dan Ho diterima sehingga terdapat Pengaruh Pemanfaatan Alat Visualisasi Gambar terhadap hasil belajar biologi siswa MTs AR-Rasyid Pinang Awan Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

eduscience

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Eduscience is a peer-reviewed journal that is published by LPPM of Labuhanbatu University. This journal publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on education studies using an interdisciplinary perspective, especially within Mathematic ...