Journal of Natural Science and Integration
Vol 2, No 2 (2019): JNSI

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Mendukung Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Sistem Koloid

Isni Fitri (UIN SUSKA Riau)
Yuni Fatisa (UIN SUSKA Riau)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2019

Abstract

Literasi ilmiah adalah hal penting yang harus dikuasai oleh siswa untuk memahami lingkungan hidup, kesehatan, ekonomi, dan masalah lain yang dihadapi oleh masyarakat modern yang sangat bergantung pada teknologi, kemajuan, dan pengembangan ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa melalui penerapan model pembelajaran Guided Inquiry pada pembelajaran Sistem Koloid di kelas XI SMA Negeri 5 Pekanbaru. Penelitian ini adalah Pra-eksperimen dengan desain satu kelompok pretest-posttest. Teknik pengumpulan data adalah tes literasi ilmiah dalam bentuk pilihan ganda, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil pencapaian literasi sains siswa masing-masing indikator menunjukkan bahwa menerapkan pengetahuan yang sesuai adalah 71,67%, mengidentifikasi 76%, memprediksi 75%, mengajukan hipotesis jelas adalah 76,25%, menunjukkan cara untuk menyelidiki pertanyaan ilmiah adalah 58,75%, dan menggambar kesimpulan yang tepat adalah 76,25%. Hasil kemampuan literasi sains siswa menunjukkan bahwa skor rata-rata postes adalah 72,32% pada kategori baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JNSI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Education

Description

Journal of Natural Science and Integration (JNSI) contains publications of research and review literature in the field of science learning such as chemistry learning, physics learning, biology learning, natural science learning and science integration as a form of intellectual property. It is ...