Journal of Natural Science and Integration
Vol 2, No 2 (2019): JNSI

Penerapan Model Pembelajaran Heuristic Vee terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis

Irma Suryani (STKIP Singkawang)
Riski Muliyani (STKIP Singkawang)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai peningkatan aspek pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran heuristic vee pada materi fluida statis. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan metode weak experiment design dengan desain one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Instrumen tes berupa soal pre-test dan post-test pemahaman konsep. Sedangkan non tes berupa lembar observasi keterlaksanaan model dan lembar respon siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berupa Cluster sampling yang dipilih satu kelas dari seluruh siswa kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 8 Singkawang dengan jumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran heuristic vee dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada aspek menafsirkan sebesar 0,7 dengan ketegori tinggi, aspek mengklasifikasikan sebesar 0,3 dengan ketegori sedang,  aspek menyimpulkan sebesar 0,6 dengan ketegori sedang, ; aspek membandingkan dengan ketegori sedang dan aspek menjelaskan sebesar 0,2 dengan ketegori rendah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JNSI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Education

Description

Journal of Natural Science and Integration (JNSI) contains publications of research and review literature in the field of science learning such as chemistry learning, physics learning, biology learning, natural science learning and science integration as a form of intellectual property. It is ...