Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 1, No 02 (2017): Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

MENIGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE ROLE PLAYING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Rossi Iskandar (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Trilogi, Jakarta)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2018

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil SDN 1 Ciamis berjumlah 36 orang, Metode Penelitian yang digunakan yaitu Action Reseach, menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. yang diawali dengan suatu perencanaan pembelajaran dan dilanjutkan dengan tindakan di kelas serta refleksi terhadap tindakan dan perencanaan awal setelah pembelajaran, hasil penelitian diperoleh kenaikan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang ditunjukkan dari hasil belajar siswa dari pra siklus sampai dengan siklus II. Pada Pra Siklus, nilai rata-rata siswa hanya 62 dengan ketuntasan klasikal sebesar 25%. Pada Siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 64 dengan ketuntasan klasikal sebesar 27%. Siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 75 dengan ketuntasan klasikal mencapai 78%. Kata Kunci : Metode Bermain Peran (Role Playing), Hasil Belajar,Pendidikan                                         Pancasila dan Kewarganegaraan

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPGSD

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar is published twice a year in February and August containing the writings of conceptual ideas, studies and application of theory, the writings of practitioners and the results of research and teaching in the field of elementary school. ...