Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh media pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pelajaran PPKn. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa Sd Nasional Satu Kota Bekasi, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V. Penelitian ini merupakan metode eksperimen dengan 2 x 2 factorial design. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Skor kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan media pembelajaran audio visual lebih tinggi dari skor kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (3) Untuk siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi, kemampuan berpikir kritis lebih tinggi bila menggunakan media pembelajaran audio visual, (4) Siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah, kemampuan berpikir kritis lebih tinggi menggunakan media pembelajaran konvensional.Kata Kunci: media pembelajaran, kecerdasan interpersonal, kemampuan berpikir kritis
Copyrights © 2018