Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 2, No 02 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PPKN DI SD NASIONAL SATU KOTA BEKASI

Handayani, Dwi Maria (Unknown)
Nurjannah, Nurjannah (Unknown)
Situmorang, Robinson (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2018

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh media pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pelajaran PPKn. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa Sd Nasional Satu Kota Bekasi, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V. Penelitian ini merupakan metode eksperimen dengan 2 x 2 factorial design. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Skor kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan media pembelajaran audio visual lebih tinggi dari skor kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (3) Untuk siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi, kemampuan berpikir kritis lebih tinggi bila menggunakan media pembelajaran audio visual, (4) Siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah, kemampuan berpikir kritis lebih tinggi menggunakan media pembelajaran konvensional.Kata Kunci: media pembelajaran, kecerdasan interpersonal, kemampuan berpikir kritis

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPGSD

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar is published twice a year in February and August containing the writings of conceptual ideas, studies and application of theory, the writings of practitioners and the results of research and teaching in the field of elementary school. ...