Abstrak : Pada dasarnya, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bertujuan untuk mengembangkan kemampuan literasi saintifik dan mengembangkan kemampuan mengelola alam dengan baik. Untuk menyelaraskan keterkaitan antara sains, teknologi serta hubungannya di tengah masyarakat maka sebaiknya dirancang suatu desain dan aplikasi pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan sains teknologi masyarakat atau Sciene Technology Society. Pembelajaran sains dengan pendekatan Science Technology Society berarti menggunakan teknologi sebagai penghubung antara sains dan masyarakat. Dalam proses pembelajaran dengan pendekatan STS dimunculkan isu atau masalah lebih dahulu yang digali dari pendekatan kontruktivis. Dengan demikian peserta didik akan terlatih peduli terhadap lingkungan, sadar terhadap dampak positif dan negatif suatu teknologi, menyadari adanya nilai yang dianut dalam masyarakat, kreatif dalam mencari masalah dan penyelesaian masalah. Kemampuan ini sering dikatakan merupakan efek iringan dalam belajar sains.Keyword : Pendekatan, Science, Technology, Society
Copyrights © 2018