Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 2, No 02 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENDEKATAN SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY: IPA DI SEKOLAH DASAR

Rossi Iskandar (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Trilogi Jakarta, Indonesia)
Intan Kusmayanti (Pascasarjana Pendidikan Dasar Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2018

Abstract

Abstrak : Pada dasarnya, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  bertujuan untuk mengembangkan kemampuan literasi saintifik dan mengembangkan kemampuan mengelola alam dengan baik. Untuk menyelaraskan keterkaitan antara sains, teknologi serta hubungannya di tengah masyarakat maka sebaiknya dirancang suatu desain dan aplikasi pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan  sains teknologi masyarakat atau Sciene Technology Society. Pembelajaran sains dengan pendekatan Science Technology Society berarti menggunakan teknologi sebagai penghubung antara sains dan masyarakat. Dalam proses pembelajaran dengan pendekatan STS dimunculkan isu atau masalah lebih dahulu yang digali dari pendekatan kontruktivis. Dengan demikian peserta didik akan terlatih peduli terhadap lingkungan, sadar terhadap dampak positif dan negatif suatu teknologi, menyadari adanya nilai yang dianut dalam masyarakat, kreatif dalam mencari masalah dan penyelesaian masalah. Kemampuan ini sering dikatakan merupakan efek iringan dalam belajar sains.Keyword : Pendekatan, Science, Technology, Society

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPGSD

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar is published twice a year in February and August containing the writings of conceptual ideas, studies and application of theory, the writings of practitioners and the results of research and teaching in the field of elementary school. ...