Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum pengembangan kurikulum Politeknik Negeri Balikpapan yang disesuaikan dengan tantangan industri 4.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Pengumpulan daa dilakukan melalui observasi, wawancara, dan FGD. Data yang diperoleh selanjutnya diolah menjadi kalimat-kalimat yang bermakna dan dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, revitalisasi kurikulum perlu dilakukan meningkatkan kemampuan kebekerjaan dalam upaya menjawab ragam tantangan industry 4.0, penyelarasan kurikulum sangat penting dilakukan dalam upaya mengiramakan kompetensi yang diajarkan di POLTEKBA dengan kompetensi yang dibutuhkan pengguna lulusan, orientasi pengembangan kurikulum POLTEKBA memuat konsep literasi baru (digital, teknologi, manusia). Kesimpulan, keterlibatan industry merupakan kunci keberhasilan dalam mengembangkan kurikulum dengan harapan kelak pada gilirannya dapat menghasilkan lulusan yang sesuai standar pengguna lulusan yang mampu bergerak lincah, adaptif, dan sensitif terhadap perubahan lingkungan industri dan ekonomi.
Copyrights © 2019