Pangadereng : Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol 5, No 1 (2019)

PEMANFAATAN SUMBERDAYA HAYATI PERAIRAN DALAM DI WILAYAH PESISIR KABUPATEN BANTAENG (Studi Kasus Desa Bonto Jai Kecamatan Bissapu)

nur alam saleh (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2019

Abstract

AbstrakPenelitian ini mengkaji tentang sejauh mana terjadi perubahan struktur sosial baik itu bentuk-bentuk produksi, teknologi dan kelembagaan serta dampak terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus (case study) dimana penelitian ini berlangsung di Kabupaten Bantaeng tepatnya di Desa Bonto Jai Kecamatan Bissapu. Adapun data yang dikumpulkan pada penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder dengan metode analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan sumberdaya hayati perairan oleh komunitas nelayan laut dan untuk menjelaskan prospektif kehidupan sosial-ekonomi masyarakat nelayan setelah membudidayakan rumput laut serta dengan melihat keterlibatan kaum wanita yang turut mengambil bagian sebagai tenaga kerja. Budidaya rumput laut juga telah mengubah salah satu aspek sosial-budaya dan ekonomi masyarakat. Dalam perkembangannya pembudidaya rumput laut telah menjadi primadona bagi aktivitas masyarakat pesisir pantai Kabupaten Bantaeng pada umumnya dan Desa Bonto Jai pada khususnya. Kata Kunci: Nelayan, Rumput laut, sosial, Pembudidayaan..

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pangadereng

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Pangadereng : Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Sosial dan Humaniora is an open access, a peer-reviewed journal published by Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulawesi Selatan. ...