Jurnal Pendidikan dan Keluarga
Vol 8 No 2 (2016): Vol 8 No 2 (2016)

DI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) PADA SISWA KELAS XI.IA1 SMA NEGERI 1 TANJUNG RAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015/2016

DEDY IRWAN (SMA Negeri 1 Tanjung Raya)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2017

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran matematika di kelas XI.IA1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya, dimana siswa tidak optimal menyerap materi pelajaran. Oleh karena itu untuk mengoptimalkan proses pembelajaran matematika perlu dilaksanakan penyajian materi matematika sebaik mungkin sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan. Salah satu strategi pembelajaran yang cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika adalah dengan menggunakan strategi Missouri Mathematics Project (MMP). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanjung Raya dengan subjek penelitian adalah kelas XI.IA1 yang berjumlah 25 orang siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, pengamatan atau lembaran observasi serta instrumen-instrumen lain penunjang penelitian. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dalam pembelajaran matematika di kelas XI.IA1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa (aspek kognitif, afektif, dan psikomotor) di kelas XI.IA1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) menunjukkan peningkatan yang signifikan, dimana pada siklus I nilai yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 68% dengan nilai rata-rata siswa 66, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 82 dan ketuntasan 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas XI.IA1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Keluarga (JPK) is a scientific journal for publishing research results and critical reviews of knowledge that have not been published in other journals in the scope of vocational education and science in the fields of food, fashion, beauty and cosmetics by researchers and ...