Jurnal Pendidikan dan Keluarga
Vol 8 No 2 (2016): Vol 8 No 2 (2016)

MOTIVASI MAHASISWA DENGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SMA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI FAKULTAS PARIWISATA DAN PERHOTELAN

Elida Elida (Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2017

Abstract

Abstrak. Penelitian ini berawal dari pengamatan terhadap mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMA/MA yang jumnlahnya makin lama makin berkurang Pada Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mendreskipsikan dan mengetahui faktor-faktor motivasi mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMA/MA memilih program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMA/MA memilih program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang berjumlah 154 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proposional Random Sampling berjumlah 61 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan mengunakan skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis deskriptif dengan metode pengkategorian penilaian berdasarkan rerata skor dan persentase penilaian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa motivasi mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMA/MA memilih Program Studi Pendidikan Kesejahteraan keluarga secara keseluruhan termasuk dalam kategori tinggi. Dengan faktor indikator ekstrinsik lebih tinggi dibandingkan faktor intrinsik dengan sub indikator tertinggi yaitu faktor keluarga lalu lingkungan sosial, kebutuhan, sarana dan prasarana, tujuan, dan yang terakhir adalah keinginan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Keluarga (JPK) is a scientific journal for publishing research results and critical reviews of knowledge that have not been published in other journals in the scope of vocational education and science in the fields of food, fashion, beauty and cosmetics by researchers and ...