Jurnal Pendidikan dan Keluarga
Vol 8 No 2 (2016): Vol 8 No 2 (2016)

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIRED STORYTELLING PADA KELAS XII.A1 SMA NEGERI 1 TANJUNG RAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015/2016

Restiti Restiti (SMA Negeri 1 Tanjung Raya)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2017

Abstract

Abstrak. Penelitian ini berawal dari permasalahan dalam keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Inggris di kelas XII.A1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya, dimana sebagian besar siswa siswa memiliki kemampuan yang rendah dalam berbicara Bahasa Inggris, baik dari pelafalan, tata bahasa (grammar) dan kosa kata (vocabulary). Siswa masih mengalami kebingungan, apa yang harus mereka katakan pada saat berbicara lisan. Sehingga proses belajar mengajar dirasakan berjalan kurang kondusif. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Inggris diterapkan Model Cooperative Learning Tipe Paired Strorytelling pada siswa kelas XII.A1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XII.A1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya yang berjumlah 23 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian dari setiap siklus pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Inggris yang telah dilaksanakan di kelas XII.A1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Paired Strorytelling menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 61% dengan nilai rata-rata siswa 68, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan ketuntasan mencapai 86% dan nilai rata-rata siswa 82. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Paired Strorytelling dapat meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa kelas XII.A1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Keluarga (JPK) is a scientific journal for publishing research results and critical reviews of knowledge that have not been published in other journals in the scope of vocational education and science in the fields of food, fashion, beauty and cosmetics by researchers and ...