RABIT: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab
Vol 3 No 2 (2018): Juli

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN VISUAL NOVEL SEJARAH KH. AHMAD DAHLAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID

Harun Mukhtar (Universitas Muhammadiyah Riau)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2018

Abstract

KH. Ahmad Dahlan adalah salah satu tokoh penting dan juga pendiri dari Muhammadyah. Karena beliau adalah tokoh penting dalam Muhammadiyah, maka dari itu akan sangat disayangkan jika mahasiswa itu sendiri tidak mengenal siapa itu Ahmad Dahlan. Maka dari itu dibuat sebuah media yang bisa membantu Mahasiswa untuk memahami bagaimana sosok Ahmad Dahlan yaitu dengan menggunakan media game. Game yang akan digunakan adalah game dengan jenis visual novel. Visual novel terdiri dari cerita, gambar, dan suara yang bisa membantu dalam proses pembelajaran. Game ini akan dibuat menggunakan software Ren’Py untuk membuat visual novel menggunakan bahasa pemrograman Python. Pembuatan game ini menggunakan metode MDLC, yaitu terdiri dari konsep, desain, pengumpulan material, penyusunan dan pembuatan, uji coba, kemudian menyebar luaskan. Setelah semua tahapan selesai, maka didapatlah hasil bahwa game ini ternyata mampu memceritakan, dan memberikan pembelajaran mengenai Ahmad Dahlan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

rabit

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

This journal is called RABIT, where the name comes from two words namely, RAB which means Abdurrab University and IT which means information technology, it can be interpreted as a journal of this journal Journal of Informatics Engineering Study Program Pekanbaru Abdurrab University. This RABIT ...