Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis)
Vol 3 No 2 (2018): December 2018

IMPLEMENTASI PRINSIP SYARIAH PADA MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI MICROFINANCE (STUDI KASUS PADA KSPPS BMT BUNA UMMAT SEJAHTERA PACIRAN)

Eny Latifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang implementasi prinsip syariah dalam manajemen sumberdaya manusia (MSDM). Obyek penelitian adalah karyawan KSPPS Bina Ummat Sejahtera Lamongan. Metode riset yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan intrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip syariah secara umum yang digunakan dalam pengelolaan SDM adalah keadilan, kompetensi,amanah, dan tanggungjawab sosial. Rekrutmen dan seleksi menggunakan prinsip kompetensi dan keahlian. Pemberian pelayanan kepada nasabah/anggota dijalankan secara adil dan transparan. Selain itu, diberikan kompensasi berupa pendidikan yang lebih tinggi bagi karyawan yang memiliki kinerja bagus. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan prinsip syariah bisa dilakukan dalam implementasi manajemen pada lembaga keuangan yang berlebel syariah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mebis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL MEBIS (MANAJEMEN DAN BISNIS) aims to provide a forum for international researchers on applied Entrepreneurship And Business Development to publish the original articles.The scope of JURNAL MEBIS (MANAJEMEN DAN BISNIS) are Entrepreneurship And Business Development. JURNAL MEBIS (MANAJEMEN ...