Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis)
Vol 4 No 1 (2019): July 2019

KONTRIBUSI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN MELALUI PERAN KEUNGGULAN BERSAING

Adimas Prabowo (Unknown)
Gendut Sukarno (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2019

Abstract

Salah satu strategi yang diterapkan organisasi untuk mempelajari kebiasaan dan keperluan pelanggan dinamakan Customer Relationship Management (CRM). Perusahaan yang unggul adalah mempunyai kelebihan disegala aspek dibanding pesaing, diharapkan mampu memberikan dampak terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi CRM dan keunggulan bersaing dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah kredit pundi rakyat pada BPR Jatim Cabang Surabaya. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah nasabah kredit pundi rakyat pada BPR Jatim Cabang Surabaya sebanyak 75 nasabah sebagai responden. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil dari olah data menghasilkan temuan Customer Relationship Management (CRM) mampu memberikan kotribusi yang sangat berarti terhadap Keunggulan Bersaing. Serta Customer Relationship Management (CRM) mampu memberikan kotribusi yang sangat berarti terhadap Kinerja Pemasaran, adapun Keunggulan Bersaing mampu memberikan kotribusi yang sangat berarti terhadap Kinerja Pemasaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mebis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL MEBIS (MANAJEMEN DAN BISNIS) aims to provide a forum for international researchers on applied Entrepreneurship And Business Development to publish the original articles.The scope of JURNAL MEBIS (MANAJEMEN DAN BISNIS) are Entrepreneurship And Business Development. JURNAL MEBIS (MANAJEMEN ...