Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis)
Vol 4 No 1 (2019): July 2019

PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK AGROINDUSTRI ABON IKAN

Ristina Siti Sundari (Unknown)
Dona Setia Umbara (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2019

Abstract

Abon ikan merupakan inovasi baru diversifikasi pangan dari ikan segar yang berukuran besar yang sudah menurun nilai jualnya. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis preferensi konsumen terhadap abon ikan melalui atribut-atribut yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan. Metode yang digunakan adalah analisis konjoin. Penelitian ini menggunakan empat atribut yaitu rasa, warna, tekstur dan harga abon ikan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa preferensi konsumen berfokus kepada hasil stimuli berdasarkan nilai kepuasan dan kepentingan atribut di dalamnya. Pada atribut rasa abon ikan patin dengan nilai kepuasan 0,1769. Pada atribut warna memiliki nilai kepuasan 0,068 untuk abon ikan lele. Pada atribut tekstur abon ikan lele memiliki nilai kepuasan 0,072 dan atribut harga Rp 25.000 s.d. Rp 30.000 pada abon ikan patin dengan nilai kepuasan 0,766. Preferensi konsumen dalam memutuskan membeli abon ikan lebih berdasarkan kepentingan rasa walaupun harganya lebih tinggi yakni pada abon ikan patin.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mebis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL MEBIS (MANAJEMEN DAN BISNIS) aims to provide a forum for international researchers on applied Entrepreneurship And Business Development to publish the original articles.The scope of JURNAL MEBIS (MANAJEMEN DAN BISNIS) are Entrepreneurship And Business Development. JURNAL MEBIS (MANAJEMEN ...