Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya
Vol 3 No 3 (2017): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Agustus)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IX SMP NEGERI KABUPATEN GORONTALO

Nirda Daud Engahu (SMP Negeri 3 Satap Dungaliyo)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2017

Abstract

Masalah yang akan ditindaki dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IX SMP Negeri 3 Satap Dungaliyo dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran make a match? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IX SMP Negeri 3 Satap Dungaliyo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, untuk aspek penilaian kognitif dari total 25 siswa yang dikenai tindakan, 15 siswa atau 60% tidak tuntas dalam belajar, sedangkan 10 siswa atau 40% telah tuntas dalam belajar. Untuk aspek penilaian afektif 13 orang atau 52% memperoleh predikat nilai kurang, 7 orang atau 28% memperoleh predikat nilai sedang, dan 5 siswa atau 20% memperoleh predikat nilai tinggi. Data perbandingan hasil pengamatan yang diperoleh guru mitra sebanyak 10 aspek atau 42% sedangkan peneliti hanya mencapai 14 aspek atau 58%. Sedangkan hasil pengamatan guru mitra terhadap aktifitas siswa selama proses pembelajaran pada siklus 1 menunjukkan bahwa dari 25 siswa yang menjadi objek tindakan, 4 siswa atau 16% sangat aktif dalam proses pembelajaran, 3 siswa atau 12% aktif, 7 siswa atau 28% kurang aktif, dan 11 siswa atau 44% tidak aktif. Pada siklus 2 untuk aspek penilaian kognitif dari total 25 siswa yang dikenai tindakan, 3 siswa atau 12% tidak tuntas dalam belajar, sedangkan 22 siswa atau 88% telah tuntas dalam belajar. Sedangkan dalam penilaian aspek afektif, diperoleh hasil, dari 25 siswa yang dikenai tindakan, 17 orang atau 68% memperoleh predikat nilai tinggi, 5 orang atau 20% memperoleh predikat nilai sedang, dan 3 siswa atau 12% memperoleh predikat nilai kurang. Data perbandingan hasil pengamatan yang diperoleh guru mitra sebanyak 21 aspek atau 88% sedangkan peneliti hanya mencapai 22 aspek atau 92%. Sedangkan hasil pengamatan guru mitra terhadap aktifitas siswa selama proses pembelajaran pada siklus 2 menunjukkan bahwa dari 25 siswa yang menjadi objek tindakan, 7 siswa atau 28% sangat aktif dalam proses pembelajaran, 10 siswa atau 40% aktif, 5 siswa atau 20% kurang aktif, dan 3 siswa atau 12% tidak aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ideas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ideas adalah sebuah jurnal online berbasis OJS yang memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dari hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian mandiri atau kolaboratif. Peneliti dapat berasal dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa, atau praktisi. Fokus ...