Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya
Vol 5 No 2 (2019): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Mei)

MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PENILAIAN MELALUI PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DI SD NEGERI 01 WANGGARASI

Haryati Kahar Duna Adam (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2019

Abstract

Abstrak Administrasi penilaian sangatlah penting dan berpengaruh untuk peningkatan kualitas pembelajaran sehingga menghasilkan pendidikan yang bermutu. Namun kenyataan dilapangan dari hasil observasi peneliti selama menjabat kepala sekolah di SD Negeri 01 Wanggarasi menunjukkan guru masih belum kompeten dalam menyusun administrasi penilaian pembelajarandengan baik. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru di SD Negeri 01 Wanggarasi dalam menyusun administrasi penilaian melalui supervisi akademiktahun 2017-2018. Subjek penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri 01 Wanggarasi sebanyak 7 orang guru. Teknik pengumpulan data dari penelitian tindakan sekolah ini adalah observasi melalui data kualitatif. Dalam penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklusterdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun administrasi penilaian dengan mencapai standar ideal.Pada siklus I total nilai rata-rata keseluruhan hanya 3,46 dan pada siklus II mencapai 4,14 dengan total nilai peningkatan rata-rata adalah 0,68 dan pada siklus I persentase keseluruhan hanya 69,14% dan pada siklus II mencapai 91,4% sehingga total peningkatan persentase mencapai 82,86%. Ini menunjukan usaha perbaikan yang dilakukan peneliti pada siklus II membawa perubahan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kompetensi gurudi SD Negeri 01 wanggarasi dalam menyusun administrasi penilaian dapat ditingkatkan melalui supervisi akademik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ideas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ideas adalah sebuah jurnal online berbasis OJS yang memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dari hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian mandiri atau kolaboratif. Peneliti dapat berasal dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa, atau praktisi. Fokus ...