AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1, No 01 (2012)

Pemahaman Mahasiswa Field Independent dalam Pemecahan Masalah Pembuktian pada Konsep Grup

Susanto, Herry Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemahaman mahasiswa field independent dalam pemecahan masalah pembuktian konsep grup, Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kualitatif-eksploratif. Subjek penelitian sebanyak 1 mahasiswa field independent dari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Metode pengumpulan data dengan wawan­cara,, lembar tugas. Pemahaman mahasiswa field independent dalam memecahkan masalah pembuktian pada konsep grup sebagai berikut: (i) dalam memahami masalah, mahasiswa field independent menyebutkan beberapa kriteria dalam memahami masalah yang terdiri dari: menentukan data apa yang diketahui, menentukan apa yang dibuktikan, konsep-konsep yang berkaitan dengan permasalahan dapat diungkap meskipun tidak menjadi pokok permasalahan, (ii) dalam rencana pemecahan, pertama menentukan rencana yang akan dilaksanakan menggunakan definisi. Kedua, menentukan syarat yang diperlukan yaitu memenuhi 4 aksioma. (iii) dalam melaksanakan penyelesaian, subjek melaksanakan sesuai indikator penyelesaian secara lengkap, yaitu dalam melaksanakan rencana pembuktian  secara runtut dan secara rinci. Dapat menjawab dengan langkah secara benar dan lancar. Selain langkah-langkah yang benar, subjek juga dapat memberikan penjelasan secara rinci dari tahapan-tahapan yang dilakukan. (iv) pengecekan kembali dilakukan dengan menjelaskan langkah dan alasannya. Pengecekan dilakukan terhadap hasil yang diperoleh maupun langkah-langkah yang dilakukan

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

AKSIOMA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Terbit pada bulan Maret dan September setiap tahun serta nomor suplemen bila dimungkinkan. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian atau kajian analisis kritis di bidang pendidikan matematika dan atau ...