Alim | Journal of Islamic Education
Vol 1 No 2 (2019): Alim | Journal of Islamic Education

Inisiasi Etika Eksplorasi Pertambangan Perspektif Al-Qur’an

Nur Arfiyah Febriani (Institut PTIQ Jakarta)
Iin Yuniarni (Mahasiswa Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini menggagas etika eksplorasi pertambangan perspektif Al-Qur’an yang merupakan bentuk kesadaran metaetika Ilahiyyah yang memiliki sifat kecerdasan reflektif, sebagai reaksi atas adanya “hubungan intensionalitas metaetika teofanik“ yaitu hubungan/peran manusia di ranah pertambangan. Sebagai alur pemikiran di dalam penelitian ini, berbasis pada akhlaq profetis Rasulullah Shâllâlahu ‘Alaihi wasallam (Hadits Riwayat Abu Dawud) dan etika-ekofenomenologi yang digagas oleh Saras Dewi. Temuan formulasi etika eksplorasi pertambangan perspektif Al-Qur’an tersebut merupakan pengejewantahan peran manusia yang holistik dan integralistik di dalam mengeksplorasi, memanfaatkan dan melindungi keberadaan sumber daya tambang, dengan pemahaman akan norma-norma moral atas makna kata: Isti’mar, Independensi, Inter-dependensi, Ihsan dan Itqan serta Harmonis adil bersinergis. Penelitian ini merupakan deskripsi dari tafsîr bayânî dengan corak informatif-transformatif, yang juga merupakan sebuah dukungan terhadap al-tafsîr al-ilmî, beserta seluruh pengembangannya. Penulis menawarkan konformitas baru dalam memahami Al-Qur’an dengan menangkap gagasan utamanya (maghzâ) di balik makna literalnya, dilengkapi dengan pembuktian ilmiah yang teruji secara akademis, argumentatif, proporsional sesuai dengan konteks pengetahuan yang berlaku, melalui tahapan ishtishab (juristic preference). Dengan menggunakan metode tafsîr maûdhu’i, dengan jenis penelitian deskriptif analitik kualitatif, melalui pendekatan ekofenomenologi dipadu dengan analisa dialektika kritis/jadal, dimana prinsip dualitas yang memiliki bentuk dualitas oposisional, antara dua hal yang bersifat material dan atau non material sebagai objeknya, keduanya dipertemukan oleh relasi intensionalitas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

alim

Publisher

Subject

Education

Description

Alim | Journal of Islamic Education specifications in the discourse of Islamic Education. Alim | Journal of Islamic Education invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related. That aims to encourage and promote the study of the ...