Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) bagi universitas merupakan salah satu cara untuk meningkatkanjumlah pendaftar atau calon mahasiswa baru. Adapun kekurangan yang ada di setiap kegiatan expo dalam kegiatanpromosi selama ini adalah kurang interaktifnya tampilan yang biasa berupa banner dan brosur cetak biasa, sehinggakurang menarik para pengunjung.Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sekarang ini sangat memungkinkan untuk membuattampilan yang secara visual tampak seperti nyata. Penggabungan dunia maya dan nyata tersebut diakomodasi olehteknologi yang disebut augmented reality. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development, denganluaran berupa produk aplikasi augmented reality ruangan laboratorium di Universitas PGRI Semarang berbasis android.Prosedur pengembangan perangkat lunak menggunakan SDLC dengan model Waterfall dimana hasil akhir produk akandiuji secara blackbox dan uji kompatibel produk apk di berbagai platform smartphone. Indikator keberhasilan penelitianini jika lolos uji dan berjalan dengan benar di platform smartphone dan aplikasi ini dapat digunakan untuk menunjangsetiap kegiatan promosi di Universitas PGRI Semarang.Kata Kunci: Evaluasi belajar, Reaserch and Development (R&D) , prototype, sistem, informasi
Copyrights © 2016