Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik
Vol 1, No 1 (2018): PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DAN TEKNOLOGI 9 2018

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PEMILIHAN BUKU KOMPUTER DI AMAZON.COM MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPIS)

Fikri Firgiawan (Jurusan Informatika, Fakultas MIPA, Universitas Jenderal Achmad Yani Jl. Terusan Jenderal Sudirman, Cimahi, Jawa Barat 40285.)
Wina Witanti (Unknown)
Gunawan Abdillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2018

Abstract

Setiap buku yang dijual di Amazon.com memiliki banyak pilihan mulai dari kondisi New, Like New, Very Good, Good dan Acceptable. Pada kasus pemilihan buku di Amazon.com, pembeli dapat memilih alternatif buku berdasarkan harga buku, kondisi buku, dan rating penjual untuk masing – masing alternatif sebelum membeli buku. Pada pelaksanaanya pembeli mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan buku yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pembeli. Tujuan penelitian ini adalah membangun sebuah sistem pendukung keputusan rekomendasi pemilihan buku komputer di Amazon.com menggunakan metode TOPSIS. Metode TOPSIS digunakan untuk menentukan ranking buku yang akan dipilih sebagai rekomendasi pemilihan buku dengan menghitung nilai masing-masing kriteria diantaranya, harga buku, kondisi buku dan rating penjual. Berdasarkan hasil contoh kasus pemilihan buku bahasa pemrograman java yang berjudul “Java: A Beginner’s Guide, Sixth Edition” menunjukkan bahwa hasil perhitungan menggunakan sistem sama dengan perhitungan manual. Kata kunci : Pemilihan Buku, rekomendasi, Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS.

Copyrights © 2018