Biosfer: Jurnal Tadris Biologi
Vol 8, No 1 (2017): Biosfer: Jurnal Tadris Biologi

PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI SOCIO SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP REFLECTIVE JUDGMENT SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG

Fitria Wulandarai (Prodi Pendidikan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan. Jl. H Endro Suratmin Sukarame-Bandar Lampung (0721)70326).)
Akbar Handoko (Prodi Pendidikan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan. Jl. H Endro Suratmin Sukarame-Bandar Lampung (0721)70326).)
Bambang Sri Anggoro (Prodi Pendidikan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan. Jl. H Endro Suratmin Sukarame-Bandar Lampung (0721)70326).)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2017

Abstract

Abstrak: Penelitian yang telah dilakukan merupakan jenis penelitian quasy eksperimen. Penelitian  dilaksanakan di SMPN 11 Bandar Lampung yang bertempat di Jl. Sentot Kel. Ketapang Kec. Panjang Bandar Lampung. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi socio scientific issues terhadap reflective judgment siswa kelas IX SMPN 11 Bandar Lampung pada materi sistem reproduksi. Desaian penelitian yang digunakan adalah The Matching only posttest control group design. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk instrument pada penelitian terdiri dari tes essay yang indikator disesuaikan dengan tahapan pemikiran reflective. Hasil penelitian berupa data kuantitaif, data yang digunakan dalam penelitian yaitu tes berupa soal essay yang digunakan untuk mengetahui reflective judgment siswa. Uji hipotesis penelitian menggunakan ujit, sebelum dilakukan uji t data diuji dulu menggunakan uji prasyarat  yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Socio scientific issues kelas eksperimen diperoleh nilai posttestrata-rata 74,42 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 70,73. Untuk uji t pada posttes diperoleh data  thitung = 10,0882523 ttabel(0,05) = 1,6669.  Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Socio scientific issues berpengaruh positif terhadap hasil nilai posttes, dengan pembelajaran berbasis SSI dapat mempengaruhi Reflective judgment siswa sehingga saat disajikan suatu masalah atau isu-isu sosial lebih bijaksana dalam pengambilan keputusan yang baik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

biosfer

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Biosfer: Jurnal Tadris Biologi is a Scientific Journal managed by Biology Education UIN Raden Intan Lampung with registered numbers p-ISSN: 2086-5945 (print) and e-ISSN: 2580-4960 (online). The Purpose of the Journal of the Biosphere is a vehicle or vessel for pouring the latest theories, ...