SCAN
Vol 14, No 2 (2019)

PERANCANGAN INFRASTRUKTUR SERVER VCS (VERSION CONTROL SYSTEM) DENGAN GITLAB BERBASIS GIT

Wahanani, Henni Endah (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Saputra, Wahyu S.J. (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Wahono, Bari Hade Variant (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2019

Abstract

Abstrak. Penggunaan server VCS (Version Control System) dalam dunia pemrograman merupakan faktor penting dalam aktivitas dokumentasi dan pengubahan kode. Tidak digunakannya teknologi VCS dalam kegiatan perkuliahan programming yang semakin pesat ini termasuk hambatan dalam sektor infrstruktur dan server yang semakin bergantung dengan teknologi tersebut. Dengan demikian, diperlukan infrastruktur server VCS (Version Control System) yang dapat membantu mahasiswa sehingga dapat dimudahkan dalam melakukan aktivitas dokumentasi tugas kuliahnya. Penelitian dilakukan dengan merancang infrastruktur server VCS dengan menerapkan teknologi Gitlab yang berbasis Git. Peran teknologi Gitlab dalam infrastruktur server VCS ini merupakan salah satu bentuk layanan Git yang bersifat open source, sehingga layanan tersebut bebas untuk dipasang tanpa memikirkan biaya untuk lisensinya. Infrastruktur server VCS yang dihasilkan dari penelitian ini dapat menghasilkan fasilitas yang dapat melakukan dokumentasi dan version control terhadap file yang diinginkan dalam bentuk repository. Untuk hasil akhirnya, Gitlab berbasis Git dapat digunakan sebagai infrastruktur server VCS layanan alternatif sebagai pengganti layanan dokumentasi lama yang bersifat manual. Dimana, penggunaan layanan dokumentasi diharapkan dapat mendokumentasikan tugas mahasiswa yang bersifat aplikasi dan website.Kata Kunci: VCS (Version Control System), Git, Gitlab  DOI : https://doi.org/10.33005/scan.v14i2.1490

Copyrights © 2019