Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui model pembelajaran inquiri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam II siklus, satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan, satu pertemuan terdiri dari 2x35 menit. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MIM Pandansari sebanyak 22 dari 13 laki-laki dan 9 perempuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa sikap berfikir kritis siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 73,97 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata 79,42 dengan kriteria baik. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan sikap berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V MIM Pandansari Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas.
Copyrights © 2019