Channel : Jurnal Komunikasi
Vol 6, No 2 (2018)

Motif Pelaksanaan Corporate Sosial Responsibility Perusahaan (Studi Kasus: CSR PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap Plant dan CSR Delegation Europian Union to Malaysia)

Adhianty Nurjanah (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Frizky Yulianti (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2018

Abstract

ABSTRAKAdanya berbagai tuntutan stakeholder dan semakin meningkatnya kesadaranperusahaan akan keharusan bertanggungjawab secara sosial dan berlaku etisdalam menjalankan bisnisnya maka konsep tanggung jawab sosial perusahaanatau Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi bagian penting yangharus dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motif pelaksanaanCSR perusahaan di dua negara yaitu PT Holcim Indonesia Tbk CilacapPlant Indonesia dan Delegation of the European Union to Malaysia. Metodepenelitian ini menggunakan metode studi kasus dan termasuk kedalam jenispenelitian deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif PT Holcim Indonesia Tbk CilacapPlant Indonesia dan Delegation of the European Union to Malaysia dalammelaksanakan program CSR adalah bentuk perwujudan dari praktek bisnisyang bertanggung jawab sosial (Socially Responsibility Bussiness Practices)dan sebagai komitmen bisnis atas usaha bisnis yang dilakukannya untukberkontribusi mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini dilakukandengan cara memberikan dukungan dalam kegiatan pengembanganmasyarakat (community development) melalui capacity building berupapemberian pelatihan dan pendampingan pada masyarakat penerima manfaat dibidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan serta pemberian bantuan modalusaha di bidang ekonomi / UMKM sebagai upaya mewujudkan kesejahteraanmasyarakat serta menciptakan visibilitas dan meningkatkan reputasi positifperusahaan di mata stakeholdernya.

Copyrights © 2018