Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara

Analisis Proses Pembelajaran Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 di Kelas II SDN Jatidukuh Mojokerto

Reninda Dewi Pinar (Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2019

Abstract

Peneliti memiliki ketertarikan pada pendekatan pembelajaran yang terdapat di kurikulum 2013, yaitu pendekatan saintifif (scientific approach). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jatidukuh Mojokerto kelas II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, proses, dan penilaian pembelajaran dengan pendekatan saintifik sserta kendala-kendala dalam kegiatan belajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman (1992). Hasil penelitian ini adalah (1) guru tidak menyusun RPP sendiri, (2) pelaksanaan pembelajaran belum maksimal, (3) penilaian pembelajaran belum dilaksanakan sesuai dengan pedoman penilaian yang terdapat di kurikulum 2013. Kendala-kendala yang dihadapi guru maupun siswa adalah (1) terbatasnya waktu, (2) kurangnya pemahaman tentang pendekatan saintifik, (3) terbatasnya sumber belajar, dan (4) penggunaan pembelajaran konvensional yang sulit untuk dihilangkan karena belum terbiasa. Maka dari itu perlu adanya monitoring dari kepala sekolah agar mampu meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara is an open access journal and published twice a year in January & July that contains research result where never ...