Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara

Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Kovariabel Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal

Nyoman Ayu Putri Lestari (STKIP JEMBRANA)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar Matematika dengan kovariabel kemampuan numerik dan kemampuan verbal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan singlefactor independent groups design with use ofcovariate. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Gugus I Kecamatan Negara sampel pada penelitian ini berjumlah 67 siswa yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar Matematika, kemampuan numerik dan kemampuan verbal. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional serta terdapat kontribusi kemampuan numerik dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar Matematika

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara is an open access journal and published twice a year in January & July that contains research result where never ...